Skip links

8 Cara Menggunakan Hasil ICAS untuk Meningkatkan Performa Sekolah Anda

Di permukaan, ICAS adalah kompetisi akademis yang menantang para siswa dan mengenal kemampuan mereka. Kompetisi ini menguji mereka dalam berbagai mata pelajaran berbasis STEM dan memberi mereka kesempatan untuk memenangkan medali. Namun demikian masih banyak hal lain di baliknya.

Lebih dari sekadar kompetisi, ICAS memberikan data berharga bagi para pendidik yang dapat digunakan untuk melengkapi kurikulum mereka dengan berbagai cara. Hasilnya dapat membantu para guru untuk menyempurnakan program pembelajaran, digunakan untuk mempromosikan sekolah Anda, dan yang paling penting, membantu meningkatkan performa akademis setiap siswa.

Berikut adalah 8 cara hasil ICAS dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja sekolah Anda.

1. Tempatkan siswa di kelas yang tepat dengan mengidentifikasi tingkat keahlian mereka

Pendekatan “satu ukuran untuk semua” untuk pendidikan sudah lama berlalu. Para pendidik tahu bahwa sering kali terdapat beragam keterampilan dan kebutuhan dalam satu kelas, dan untuk mengajar secara efektif, mereka harus ditangani sebisa mungkin.

Meskipun hasil ICAS hanyalah salah satu bagian dari keseluruhan data, hasil ini membantu dengan menunjukkan kepada guru bagaimana kinerja setiap siswa. Hasil-hasil tersebut dikelompokkan berdasarkan mata pelajaran, bidang keahlian, dan bahkan pertanyaan-pertanyaan individual. Guru dapat melihat bagaimana kinerja siswa dibandingkan dengan teman sekelasnya, tingkat kelas, dan rata-rata nasional, sehingga memberikan mereka data informatif tambahan yang dapat membantu mereka menempatkan siswa di kelas yang tepat. Dengan bekerja sama dengan tim manajemen, mereka dapat menentukan apakah kelas pendukung baru atau kelas berbakat layak untuk diadakan, untuk memberikan pendidikan inklusif yang lebih efektif.

Katakanlah seorang guru mempelajari hasil Matematika kelas mereka untuk penilaian ICAS. Mereka melihat adanya perbedaan standar yang besar untuk mata pelajaran tersebut, yang menunjukkan bahwa kelas tersebut memiliki tingkat kemampuan yang beragam, meskipun mereka berasumsi bahwa para siswa relatif setara. Informasi ini menginformasikan kepada mereka bahwa kelas mereka mungkin akan mendapat manfaat jika dibagi berdasarkan tingkat kemampuan dan diajarkan secara terpisah, sehingga siswa dengan kemampuan rendah mendapat dukungan yang mereka butuhkan untuk berhasil, dan siswa dengan kemampuan tinggi mendapat kesempatan untuk mengembangkan diri mereka sendiri dengan topik-topik yang lebih tinggi. Hal ini mungkin juga didorong oleh seseorang dalam tim manajemen yang setelah membandingkan kinerja kelompok atau kelas satu sama lain, sampai pada kesimpulan yang sama. Dalam kedua kasus tersebut, hasil ICAS memungkinkan Anda untuk secara efektif mengajar siswa dari yang paling bawah hingga yang paling atas.

2. Mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan siswa dan meningkatkan program pembelajaran

Guru dapat memilah hasil ICAS berdasarkan bidang keterampilan untuk kelas mereka untuk membantu mengidentifikasi di mana siswa mereka mungkin mengalami kesulitan. Untuk Bahasa Inggris, mereka mungkin menemukan bahwa siswa tertentu kurang memiliki keterampilan dasar yang diperlukan untuk pemahaman teks, dan menyarankan kegiatan tambahan, materi khusus atau rangkaian pembelajaran yang disesuaikan untuk membantu mengisi kebutuhan tersebut. Atau siswa mereka yang mengikuti ICAS Science mungkin merupakan pengamat dan pengukur eksperimen ilmiah yang tajam, tetapi kurang dalam menafsirkan hasil dan hal ini ingin mereka atasi dengan pengajaran tambahan. Perbaikan program pembelajaran ini didukung oleh data yang kuat, sehingga dapat dengan mudah dipertanggungjawabkan dan divalidasi.

Berdasarkan perbandingan dengan rata-rata nasional, hasil ICAS ditandai dengan “kekuatan” atau “kelemahan” untuk pertanyaan dan topik tertentu, sehingga guru mengetahui dengan pasti konten dan bidang keterampilan mana yang perlu ditangani dan diajarkan kembali. Ketika disandingkan dengan data dari penilaian internal Anda, informasi tersebut dapat menjadi lebih bermanfaat.

Memiliki data yang terperinci untuk bidang keahlian seperti ini sangat membantu guru untuk menyusun program pembelajaran yang lebih baik yang dapat diadaptasi dan disempurnakan berdasarkan temuan-temuan yang ada. Jika sekolah telah berpartisipasi dalam ICAS selama beberapa tahun, Anda juga dapat mengidentifikasi tren yang muncul, sehingga dapat menentukan pendekatan pembelajaran yang berhasil dan yang kurang berhasil dalam bidang keahlian tertentu.

Sebagai referensi, berikut ini adalah bidang-bidang keterampilan yang dinilai sebagai bagian dari setiap mata pelajaran ICAS:

3. Gunakan data yang akurat untuk mendukung penulisan laporan akhir semester siswa

Hasil ICAS disajikan dalam laporan yang mudah digunakan yang dapat dengan cepat difilter untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan. Ketika disandingkan dengan data dari penilaian lain, Anda dapat melihat di mana siswa unggul, di mana mereka berada di sekitar rata-rata, dan di mana mereka mengalami kesulitan, semuanya memberikan data yang berharga untuk menulis laporan akhir semester siswa. Laporan siswa bisa jadi rumit, tetapi dengan data yang akurat, guru dapat membenarkan setiap rekomendasi yang mereka berikan kepada orang tua. Hal ini membuat laporan tersebut menjadi lebih otentik, tidak terlihat seperti opini dan lebih seperti saran yang informatif.

Sebagai seorang mantan guru, saya tahu betapa pentingnya bekerja sama dengan orang tua dalam pendidikan anak-anak mereka. Memiliki hasil ICAS yang jelas sebagai sumber informasi tambahan bagi orang tua dapat membantu mereka memahami bagaimana nilai ditentukan dan apa yang mungkin menjadi pilihan terbaik untuk anak mereka.

Β 

4. Tentukan kebutuhan pembelajaran masing-masing siswa

Ketika mengamati hasil ICAS dari atas ke bawah, mudah untuk melupakan bahwa tingkat kelas, kelompok, dan kelas terdiri dari siswa-siswa yang unik dengan gaya belajar dan kemampuannya masing-masing. Namun, para guru sangat menyadari hal ini dan mereka tahu bahwa mereka harus membuat pelajaran mereka seinklusif mungkin untuk memenuhi beragam kebutuhan siswa di kelas mereka.

Untuk membantu mereka melakukan hal ini, mereka dapat melihat hasil ICAS di kelas mereka, meninjau setiap siswa, dan melihat bagaimana kondisi mereka dalam bidang keterampilan tertentu untuk setiap mata pelajaran. Misalnya, ruang dan geometri untuk Matematika; grafik dan multimedia untuk Digital Technologies; dan kompetensi berbasis kurikulum lainnya yang termasuk dalam penilaian. Guru dapat membandingkan bidang keterampilan setiap siswa dengan kelas, sekolah, dan nasional, sehingga dapat memberikan tolok ukur yang akurat dan dengan jelas menyoroti peningkatan apa saja yang perlu dilakukan untuk membantu siswa berkembang. Dengan pemahaman yang begitu rinci tentang setiap siswa, guru memiliki cara yang ampuh untuk menciptakan program pembelajaran inklusif yang benar-benar berhasil.

Β 

5. Mengidentifikasi bagaimana cara terbaik untuk mendukung guru anda

Saya tahu dari pengalaman pribadi betapa banyak usaha yang harus dilakukan untuk menciptakan pembelajaran yang baik, dan bahwa para guru harus merasa didukung untuk berhasil. Dengan membandingkan hasil kelas ICAS dengan rata-rata nasional, Anda dapat mengamati pola-pola yang dapat mengidentifikasi guru-guru yang akan mendapat manfaat dari dukungan ekstra. Dengan informasi ini, Anda mungkin dapat menyarankan beberapa strategi baru yang dapat mereka coba di dalam kelas.

Guru yang didukung dan dilatih dengan baik tidak hanya akan lebih bahagia dan percaya diri, mereka juga akan menjadi pendidik yang lebih baik, dan hal ini akan tercermin dalam kinerja siswa mereka.

6. Mengidentifikasi guru-guru hebat yang dapat memberikan sesi pengembangan profesional

Berbeda dengan hal di atas, setelah menganalisis hasil ICAS untuk berbagai kelas di sekolah, Anda mungkin akan menemukan guru-guru tertentu yang tampaknya selalu memberikan hasil yang baik bagi para siswanya. Guru-guru ini mungkin merupakan kandidat yang tepat untuk memberikan bimbingan.

Jika guru-guru tersebut benar-benar menguasai materi yang diajarkan, dan hal ini tercermin dari hasil ICAS para muridnya, maka memberikan mereka kesempatan untuk membantu rekan-rekannya merupakan cara yang luar biasa untuk meningkatkan kemampuan setiap guru, dan mengembangkan tenaga pengajar yang berketerampilan tinggi yang dapat memberikan pendidikan terbaik bagi para murid.

7. Mempromosikan kinerja sekolah Anda dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain di seluruh negeri

Asesmen ICAS merupakan nama yang sudah dikenal di seluruh dunia karena kualitasnya. Jika sekolah Anda telah meraih hasil yang sangat baik, bahkan hanya untuk mata pelajaran tertentu, hal ini dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan reputasi Anda dan menarik minat para orang tua yang benar-benar peduli dengan pendidikan anak-anak mereka. Hal ini dapat menciptakan umpan balik positif yang pada akhirnya membantu meningkatkan kinerja sekolah secara keseluruhan.

8. Tingkatkan motivasi siswa dengan merayakan siswa yang berprestasi

Ketika siswa telah bekerja keras untuk menyelesaikan asesmen ICAS dan berakhir dengan prestasi, merayakan hasil yang mereka capai dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan motivasi, membangun kepercayaan diri, dan mendorong pengembangan kebiasaan belajar yang baik. Mereka diajari bahwa kerja keras akan membuahkan hasil yang memuaskan, yang dapat membantu mereka mengembangkan pola pikir berkembang yang memacu mereka untuk meraih kesuksesan yang lebih besar. Inilah salah satu alasan terbesar untuk mengadakan kompetisi ekstrakurikuler seperti ICAS, dan merayakan hasilnya adalah komponen yang sangat penting.

Meskipun demikian, ICAS tidak hanya untuk siswa yang memiliki kemampuan akademis. Pertanyaan-pertanyaannya didasarkan pada skenario dunia nyata, membantu siswa dari semua kemampuan untuk mempersiapkan diri menghadapi kehidupan di luar kelas, meskipun mereka tidak memenangkan medali.

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana ICAS dapat meningkatkan program pembelajaran Anda? Jadwalkan sesi dengan salah satu konsultan kami melalui email kami.Β 

Kami juga merekam video di bawah ini, yang memandu Anda melalui portal ICAS langkah demi langkah tentang cara mendapatkan hasil maksimal dari hasil ICAS Anda.

Ditulis dalam Bahasa Inggris olehΒ Nardin HannaΒ (assessment consultant for ICAS and Reach). Diterjemahkan oleh AP.

This website uses cookies to improve your web experience.